Bus ini kami siapkan untuk pemudik lansia, anak-anak, ibu hamil, dan disabilitas
Bandarlampung (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Provinsi Lampung menyiapkan delapan unit Bus Trans Lampung guna mengangkut pemudik dengan berkebutuhan khusus.

"Bus ini kami siapkan untuk pemudik lansia, anak-anak, ibu hamil, dan disabilitas," kata GM PT ASDP Cabang Bakauheni, Hassan Lessy, di Lampung Selatan, Sabtu.

Menurut dia, delapan bus ini juga untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang diperkirakan H-3 ini akan meningkat jumlahnya baik dari pulau jawa ke Sumatera atau sebaliknya.

"Bila dilihat sebelum-sebelumnya H-3 itu adalah puncak arus mudik. Jadi kami siagakan bus ini untuk mereka yang berkebutuhan khusus," kata dia.

Ia mengatakan bahwa mobil bus ini akan bersiaga 24 jam untuk para pemudik yang berkebutuhan khusus. Namun pemudik akan tetap dikenakan tarif yang telah ditentukan.

"Bus ini tidak gratis tetap bayar normal, bila digratiskan nanti akan timbulkan rasa cemburu antara pemudik maka bus ini kita kenakan tarif," kata Hassan.

Berdasarkan pantauan di lapangan dalam memaksimalkan pengoprasiaan Bus berkebutuhan khusus tersebut pihak ASDP menggandeng Pramuka untuk memilah para pemudik dengan berkebutuhan khusus untuk menaiki bus tersebut.

Baca juga: Belasan pos kesehatan disiagakan selama arus mudik di Lampung
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019