Pelayanan tetap berjalan selama libur cuti Lebaran, yang poli atau rawat jalan tetap beroperasi tapi pindah ke ruang instalasi gawat darurat
Siak (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, sebagai institusi pelayanan akan tetap beroperasi selama libur cuti Lebaran 2019 dengan melakukan beberapa penyesuaian tertentu.

"Pelayanan tetap berjalan selama libur cuti Lebaran, yang poli atau rawat jalan tetap beroperasi tapi pindah ke ruang instalasi gawat darurat," kata Direktur RSUD Siak, dr. Benny Chaeruddin di Siak, Sabtu.

Ditambahkannya, untuk rawat jalan hanya beroperasi pada libur cuti Lebaran, yakni pada 3,4,7,8 Juni 2019. Namun tidak melayani pada tanggal merah yakni 1,2,5,6, dan 9 Juni 2019.

Terkait pindahnya ruang poli atau rawat jalan, dia mengatakan hal itu dilakukan karena memang ada tenaga medis yang mengambil cuti Lebaran. "Sebagai manusia biasa tentu juga mengambil cuti namun karena ini pelayanan publik tentu tetap buka," ujarnya.

Menurutnya, jumlah pasien yang meminta pelayanan di RSUD Siak ini terus meningkat. Bahkan banyak juga yang datang dari luar Kabupaten Siak seperti dari Bengkalis, Kepulauan Meranti, bahkan dari Kota Pekanbaru.

Hal itu, kata dia, kemungkinan karena status akreditasi RSUD yang sudah paripurna. Di Provinsi Riau saat ini baru ada tiga RSUD kabupaten/kota yang memiliki predikat tersebut dengan dua lainnya yakni di Dumai dan Bengkalis.

"Memang belum sempurna dan pasti ada komplain, tapi paling tidak 80 persen terlayani dengan baik," katanya.

Akan tetapi sebagai badan RSUD, Tengku Rafian mengaku juga terkuras perhatiannya dalam hal manajemen tenaga medis yang banyak berstatus honorer.

"Sekitar dua per tiga merupakan honorer dan membuat keuangan RSUD terbebani," katanya.


Baca juga: 100 puskesmas disiagakan selama mudik Lebaran di Riau

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019