Para anggota Pramuka berada di sejumlah sudut di terminal, mulai dari pintu kedatangan, loket penjualan tiket, hingga pada pintu keberangkatan.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah anggota Pramuka Kwartir Cabang Jakarta Timur nampak ikut membantu para pemudik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, selain petugas pengamanan dari Polisi, TNI dan Dinas Perhubungan.

“Penumpang kebingungan, kami akan arahkan, antarkan, dan membantu membawa barang bawaan,” ujar Gregorius Editya, Kepala Koordinator Karya Bakti Lebaran Kegiatan Pramuka Kwarcab Jakarta Timur kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Para anggota Pramuka berada di sejumlah sudut di terminal, mulai dari pintu kedatangan, loket penjualan tiket, hingga pada pintu keberangkatan.

Gregorius mengatakan 16  anggota Pramuka telah bertugas di Terminal Pulogebang sejak H-7 Lebaran. Kegiatan tersebut akan berakhir pada H-2 Lebaran,

Para anggota Pramuka bertugas mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. “Ditutup dengan buka puasa bersama,” ujar Gregorius.

Dia juga menyebutkan, anggota Pramuka Kwarcab Jakarta Timur yang membantu para pemudik tidak hanya ditempatkan di Terminal Pulo Gebang, 16 anggotaPpramuka lainnya juga membantu pemudik di Terminal Kampung Rambutan.

Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan sejak 2016 tersebut, menurut Gregorius, juga menjadi wadah bagi anggota Pramuka untuk lebih dekat dengan masyarakat.

“Kebanyakan masyarakat menilai Pramuka hanya ekskul saja. Dengan ini kami ingin menunjukkan bahwa Pramuka itu hadir di tengah masyarakat,” kata dia.

Selama bertugas, Gregorius mengatakan mendapat sambutan hangat baik dari para petugas maupun penumpang.

“Penumpang selalu welcome banyak bertanya kepada kami. Pihak petugas juga menilai baik kami sehingga kami dipercaya terus menbantu para pemudik di terminal Pulo Gebang ini,” ujar Gregorius.

Sementara itu, dari pantauan Antara, banyak pemudik mulai berdatangan ke Terminal Pulo Gebang sejak Minggu pagi. Pemudik terlihat memadati bagian penjualan tiket di lantai 2 terminal.
Baca juga: Jumlah pemudik di Terminal Pulo Gebang meningkat 7,8 persen
Baca juga: Terminal Pulo Gebang ramai lancar H-5


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019