Jakarta (ANTARA) - Konten kreator di platform digital TikTok bidang dekorasi rumah dan kerajinan tangan Tira Anisya membagikan kiat spesial membuat amplop lebaran yang menarik dari barang-barang bekas sambil menunggu bedug berbuka puasa.

“Aku lagi suka bikin kreasi amplop Lebaran yang unik. Sesuai request (permintaan) pengikutku, sebenarnya kalau untuk ide kreasi biasanya muncul sendiri, misal ada pengikut yang minta kita bikin apa yang unik, terus aku kepikiran paper bag bekas di rumah, itu bisa dimanfaatkan,” kata Tira dalam temu media yang diikuti di Jakarta, Selasa (27/3).

Baca juga: Karakter Elsa kembali hadir dalam balutan desain amplop lebaran

Baca juga: Angpau Lebaran motif mie instan hingga kartu ATM makin dicari


Tira menuturkan membuat amplop yang unik dan menarik bakal lebih membuat lebaran terasa lebih asyik dan berwarna. Ia pun membagikan cara pembuatannya sebagai berikut:

Bahan-bahan
 

Kertas origami atau kertas tidak terpakai lainnya

Lakban

Benang rajut

Gunting

Lem atau double tape

Ornamen hiasan lainnya
 

Cara pembuatan :
 

Siapkan kertas origami, lalu buat pola amplop dengan bantuan lakban sebagai cetakan.
Kemudian potong kertas origami sesuai pola menjadi dua bagian lingkaran.
Lem bagian pinggirannya dan satukan kedua lingkaran untuk membentuk bentuk amplop.
Hias amplop dengan ornamen-ornamen seperti manik-manik.
Lalu kepang benang rajut untuk membentuk tali.
Gunakan lem untuk menempelkan tali ke amplop yang telah dihias.
 

Tira Anisya atau yang lebih dikenal lewat akun TikTok @tiranissya, memulai perjalanannya sebagai kreator fashion di 2016. Namun, seiring berjalannya waktu, ia pun menemukan passion-nya di bidang dekorasi rumah dan kerajinan tangan, yang kini menjadi topik utama kontennya di TikTok.

Memiliki lebih dari 930 ribu pengikut di TikTok, Tiranissya bertekad untuk terus menginspirasi komunitas TikTok dengan menyajikan ide-ide kerajinan tangan dari barang-barang bekas.

Selama bulan Ramadhan ini, ia meluncurkan inisiatif #NungguBedugBikinKarya di mana ia membagikan sejumlah tutorial kreatif membuat kerajinan tangan dari barang bekas kerajinan tangan dari barang bekas dari galon bekas menjadi pot bunga hingga limbah kertas yang disulap menjadi vas estetik.

Baca juga: Amplop motif kartun anak laris manis di Pasar Cikampek

Baca juga: Tatjana Saphira siapkan amplop Lebaran

Baca juga: Penjualan amplop Lebaran jadi bisnis musiman

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024