Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyediakan informasi dan panduan mudik Lebaran 2024 bagi warga di dalam buku elektronik Mudikpedia.

Buku elektronik Mudikpedia, peta kuliner, pantauan lalu lintas kendaraan, hingga informasi layanan mudik Lebaran 2024 dapat diakses melalui situs web Mudikpedia.

"Buku elektronik ini melanjutkan kerja tim komunikasi publik yang sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini untuk memberikan panduan kepada masyarakat yang akan mudik. Semua informasi yang dibutuhkan telah dirangkum dalam booklet ini," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Rabu.

Kementerian Perhubungan menyampaikan bahwa jumlah orang yang melakukan perjalanan selama Lebaran 2024 bisa sampai 193,6 juta orang.

Pemerintah menghadirkan Mudikpedia untuk memudahkan warga yang hendak melakukan perjalanan sebelum sampai sesudah Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Penjelasan dalam buku elektronik ini lengkap, sehingga mereka bisa menentukan misalnya kapan dan melalui jalur mana saat mudik. Masyarakat bisa memantau lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan, rest area, pom bensin terdekat, rumah makan, dan posko kesehatan," kata Usman.

Baca juga: Kemenhub siapkan 66 kapal untuk layani pemudik Jawa-Sumatera
Baca juga: DKI pastikan pengemudi bus mudik gratis paham rute


Mudikpedia mencakup informasi mengenai layanan mudik gratis, pemesanan tiket kereta dan kapal, prakiraan cuaca, layanan penukaran uang, hingga informasi tentang jalan tol dan pantauan lalu lintas kendaraan.

"Buku ini bisa juga jadi bahan bacaan selama perjalanan, karena di dalamnya juga ada informasi terkait latar belakang, sejarah, dan berbagai hal menarik tentang tradisi mudik di Indonesia," kata Usman.

Dia menyampaikan bahwa pemudik yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan listrik juga akan terbantu karena buku elektronik menyediakan informasi tentang lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Mudikpedia disediakan untuk membantu warga dalam merencanakan perjalanan mudik yang aman dan nyaman melalui darat, laut, maupun udara.

Baca juga: PLN tambah 13 titik SPKLU di jalan tol Lampung
Baca juga: 10 imbauan pemerintah untuk pemudik

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024