Jalur Puncak menjadi prioritas Polres Bogor

Sabtu, 11 Agustus 2012 22:00 WIB | Dilihat 4710 Kali
Ilustrasi jalur Puncak (FOTO ANTARA/Jafkhairi)
Cibinong (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Resor Bogor AKBP Hery Santoso mengatakan, jalur Puncak yang menghubungkan Kabupaten Bogor dan Cianjur, menjadi salah satu prioritas pengamanan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2012.

"Untuk pengamanan sebelum Lebaran, yakni arus mudik di Bogor tidak terlalu ramai, justru setelah Idul Fitri hingga H+10, terutama jalur Puncak kita prioritaskan," katanya di Cibinong, Sabtu.

Wujud prioritas tersebut, kata dia, di antaranya dengan menyiapkan pos pengamanan dan pelayanan, mengarahkan Satpol PP untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) agar tidak menjajakan dagangan di titik jalan yang rawan macet.

Kemudian, mengantisipasi arus wisata dengan mengatur parkir keluar masuk kendaraan, sehingga tidak mengganggu pemudik lainnya.

"Kamis juga menyiapkan tim pengurai kemacetan dengan rekayasa jalan sesuai situasi di lapangan," katanya.

Terkait dengan arus mudik dan balik nanti, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menjaga keselamatan diri dengan cara tertib lalu lintas.

Di antaranya, kata dia, mematuhi peraturan dari mulai kendaraan layak pakai, dan tidak membawa barang melebihi kapasitas agar tidak mengganggu pengendara lain, dan menjaga keselamatan orang lain dengan cara mematuhi ketertiban umum yang ada.

Ia menambahkan, dalam kegiatan gelar pasukan Operasi Lodaya 2012 yang diresmikan Bupati Bogor Rachmat Yasin pada Jumat (8/8) pihaknya melaporkan Polres Bogor menurunkan 1.043 personel untuk pengamanan dan pelayanan arus mudik-balik Lebaran 2012.

Mereka di antaranya terdiri atas satuan tugas (Satgas) deteksi untuk memantau dinamika masyarakat yakni perkembangan arus mudik dan arus balik.

Kemudian, juga Satgas pengamanan yang mengawasi wilayah rawan kriminalitas, Satgas penegak hukum bila terjadi tindak pidana, Satgas bantuan untuk mengamankan logistik dan lainnya.

(A035/Z002)