Pemudik di Pelabuhan Merak mulai padat

Senin, 13 Agustus 2012 22:58 WIB | Dilihat 7139 Kali
Arus Mudik Ratusan penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antri masuk kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (12/8). Denyut arus mudik di Merak sudah mulai terasa dengan naiknya jumlah penumpang dan kendaraan pribadi yang menyeberang yang dalam dua hari terakhir mengalami peningkatan 10 persen dibanding hari biasa.(ANTARA/Asep Fathulrahman)

Merak (ANTARA News) - Pemudik yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Senin, pukul 21.00 WIB mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten.

"Meskipun terjadi peningkatan pemudik, tetapi penyeberangan berjalan lancar," kata General Manager PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Merak Supriyanto, Senin.

Menurut dia puncak arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi tiga hari menjelang Lebaran atau H-3 yang diperkirakan mencapai 120 ribu orang, naik sekitar 10 persen dari tahun lalu.

"Penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan pada 2011 sebanyak 110 ribu orang," katanya.

Selama tiga hari terakhir ini, kata dia, jumlah penumpang antara 35 ribu sampai 40 ribu. "Saya yakin kenaikan penumpang pemudik Lebaran tidak begitu signifikan," katanya.

Ia mengatakan penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan membludak pada malam hari.

Karena itu, ASDP Merak mengimbau sebaiknya pemudik menyeberang pada siang hari untuk mengantisipasi kepadatan.

"Kami sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menyeberang malam hari," katanya.

Saat ini, kata dia, jumlah penumpang pada H-7 lebaran mencapai 40.307 orang, di antaranya penumpang pejalan kaki 6.033 orang dan penumpang di atas kendaraan 34.274 orang.

Sedangkan jumlah kendaraan pribadi yang diseberangkan sebanyak 3.314 unit, bus 452 unit dan roda dua sebanyak 2.017 unit.

Selama ini, kata dia, arus kendaraan yang ada di dermaga relatif normal dan tidak terjadi antrean. "Saya menjamin semua pemudik bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung," katanya

(KR-MSR/E005)