Pemkab Pasaman bentuk 12 tim safari Ramadan

Senin, 23 Juli 2012 19:08 WIB | Dilihat 2600 Kali
Menjelang Ramadan, sejumlah mesjid di Aceh dipercantik untuk memberikan kenyamanan dalam beribadah. (FOTO ANTARA/Ampelsa)
Lubuk Sikaping, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat memyiapkan 12 tim safari Ramadan 1433 Hijriah yang akan mengunjungi masyarakat di sejumlah nagari.

Kepala Bagian Humas Sekretriat Pemerintah Kabupaten Pasaman Budi Hermaswan di Lubuk Sikaping, Senin, mengatakan, tim safari Ramadan akan mengunjungi 24 masjid untuk bersilaturahim dengan masyarakat.

"Masing-masing tim mengunjungi sebanyak dua masjid," kata dia.

Dia menyebutkan, tim safari Ramadan selain melibatkan unsur dari Sekretariat Pemkab Pasaman juga melibatkan Muspida dan BUMD di Pasaman.

"Jumlah anggota rombongan setiap tim tidak sama, namun sudah ditentukan dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerah yang dikunjungi," kata dia.

Dia menyebutkan, pembentukan tim tersebut sudah disetujui Bupati Pasaman, bahkan para anggota rombongan telah diberikan Surat Keputusan (SK) oleh Bupati dengan surat tertanggal 20 Juli 2012.

Dalam kesempatan tersebut pemkab juga melibatkan para ustadz di dalam setiap tim untuk memberikan pengajian agama di masjid yang dikunjungi.

Saat kunjungan tim safari Ramadan tersebut, pemerintah setempat akan menyosialisasikan kebijakan pembangunan di daerah itu.

Selain itu, setiap masjid mendapatkan bantuan sebesar masing-masing Rp5 juta yang akan diserahkan secara simbolik kepada pengurus masjid.

"Bantuan tersebut diberikan langsung melalui transfer ke rekening milik masjid," katanya.

Selain bantuan berupa uang, pemkab juga akan memberikan sejumlah buku-buku agama serta Al Quran dan terjemahannya untuk mendukung pendidikan ilmu agama di setiap masjid.

"Kita berharap agar kegiatan ini dapat menjadikan hubungan pemerintah dan masyarakat menjadi lebih baik di masa mendatang," ujar dia.

(KR-MLN/R014)