Sidang Isbat penentuan Idul Fitri digelar Sabtu

Senin, 13 Agustus 2012 11:27 WIB | Dilihat 5145 Kali
Menteri Agama Suryadharma Ali saat memimpin sidang isbat atau penentuan 1 Ramadhan 1433 H di Kementerian Agama RI, Jakarta, Kamis (19/7). (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan Idul Fitri atau 1 Syawal pada Sabtu sore (18/8), kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta, Senin.

"Kami akan laksanakan Sabtu sore, 18 Agustus," kata Suryadharma seusai penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) di Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Sebelumnya Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat juga mengatakan, sidang isbat diselenggarakan Sabtu sore didasarkan pada perhitungan hisab bahwa pada saat itu hilal sudah di atas nol derajat.

"Kami kan memperhitungkan 1 Syawal dan Idul Fitri berdasarkan hisab dan rukyat," katanya.

Lebaran atau Idul Fitri, ujarnya, diperkirakan akan jatuh pada Minggu (19/8).

Sementara itu, seluruh organisasi kemasyarakatan akan diundang untuk menghadiri sidang tersebut, termasuk Muhammadiyah yang pada sidang isbat penentuan awal Ramadan lalu tidak hadir.

Sidang akan digelar terbuka. Bahrul menolak jika sidang tersebut diselenggarakan tertutup sebagaimana disarankan salah satu ormas Islam saat sidang isbat penentuan awal Ramadan.

Sidang itu juga akan dihadiri kalangan Badan Hisab dan Rukyat, jelasnya.

(E001/N002)