Jokowi tinjau arus mudik di Terminal Solo

Jumat, 17 Agustus 2012 17:13 WIB | Dilihat 4496 Kali
Sejumlah pemudik membawa barang bawaan mereka setibanya di Terminal Tirtonadi, Solo, Jateng, Rabu (15/8). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Solo (ANTARA News) - Wali Kota Surakarta Joko Widodo didampingi Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Yusca Herman Sudrajat meninjau Terminal Bus Tirtonadi Solo, Jumat.

"Sejak tadi (Kamis) malam sampai sekarang memang cukup banyak bus yang masuk ke terminal ini utamanya dari Jakarta, Bandung, Sumatera dan Surabaya, Banyuwangi, Malang," kata Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi.

Arus mudik di Terminal Bus Tirtonadi mengalami lonjakan pada H-2 Lebaran. Meski padat, tidak terlihat adanya calon penumpang yang terlantar di terminal bus tersebut.

"Tadi memang ada penumpukan calong penumpang utamanya yang ke arah timur seperti ke Surabaya, Malang, dan Banyuwangi, tetapi hanya sebentar, karena bus-bus tersebut macet di jalan dan setelah itu juga lancar lagi sampai sekarang," katanya.

Jokowi pun meminta kepada para petugas untuk lebih meningkatkan kewaspadaan untuk menjaga keamanan selama arus mudik dan balik.

Sementara itu, puncak arus mudik di terminal tersebut diperkirakan terjadi pada Jumat dan Sabtu (18/8).

Selama masa angkutan Lebaran dari H-7 sampai H-3 bus yang masuk di terminal tersebut tercatat 12.111 armada dan jumlah penumpang yang turun 235.546 orang.

Sedangkan jumlah bus yang diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi tercatat sebanyak 11.771 armada yang mengangkut penumpang 161.062 orang.

Bus ekstra lebaran yang tiba di terminal sebanyak 854 armada  dengan jumlah penumpang yang turun sebanyak 30.091 orang. Bus ekstra Lebaran yang masuk di Terminal Bus Tirtonadi Solo sebagian besar dari Jakarta, Bandung, dan Cirebon.

(J005)