Polres Banyumas salurkan zakat untuk 800 mustahik

Sabtu, 18 Agustus 2012 12:45 WIB | Dilihat 3038 Kali
Ilustrasi. Pembagian Zakat Sejumlah warga miskin antre saat pembagian zakat dalam bentuk uang yang dibagikan keluarga besar Muhammad Nawang Layung di Jalan Letjen Soeprapto, Semarang, Jateng, Kamis (16/8). Sebanyak 700 amplop berisi uang Rp40 ribu, Rp25 ribu, dan Rp15 ribu dibagikan untuk anak-anak, remaja dan orang tua yang merupakan tradisi keluarga tersebut yang sudah berlangsung sejak puluhan tahun dalam membantu fakir miskin. (ANTARA/R. Rekotomo)
Purwokerto (ANTARA News) - Kepolisian Resor Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu, menyalurkan zakat untuk 800 warga miskin berasal dari sejumlah wilayah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Banyumas Komisaris Polisi Bambang Kuswara mengatakan, para penerima zakat itu merupakan warga sekitar Markas Polres Banyumas di Purwokerto dan beberapa desa di sekitarnya.

"Zakat berupa beras ini terkumpul dari seluruh personel Polres Banyumas. Secara keseluruhan, jumlahnya mencapai 4,5 ton," kata dia yang juga bertugas sebagai amil zakat tersebut.

Ia menjelaskan, warga yang berhak mendapatkan zakat tersebut wajib membawa 800 kupon yang telah dibagikan oleh Polres Banyumas.

Setiap kupon yang dibagikan, katanya, bernilai tiga kilogram beras. "Kami sebenarnya menyiapkan 1.000 kupon, namun yang dibagikan hanya 800 kupon, sedangkan sisanya untuk mengantisipasi kemungkinan adanya warga yang menyusul," katanya.

Selain dibagikan secara langsung, kata dia, sebagian zakat yang terkumpul dari personel Polres Banyumas itu akan disalurkan ke sejumlah yayasan panti asuhan.

"Hingga saat ini sudah ada sebanyak 35 yayasan panti asuhan yang mendaftar sebagai penerima zakat. Mereka langsung mendaftar kepada Kapolres," katanya.

Seorang warga setempat, Siti (50), mengaku senang atas zakat yang disalurkan Polres Banyumas meskipun hanya berupa tiga kilogram beras.

"Alhamdulillah, masih ada yang peduli terhadap warga miskin seperti saya," katanya.

Berdasarkan pantauan ANTARA News, penerima zakat tersebut tidak hanya warga miskin tetapi juga warga yang berkecukupan karena beberapa di antaranya tampak datang ke Mapolres Banyumas dengan mengendarai sepeda motor.

(KR-SMT/M029)