Sempurnakan puasa dengan berzakat

Jumat, 17 Agustus 2012 20:55 WIB | Dilihat 3926 Kali
Ilustrasi. Umat muslim diimbau untuk menyegerakan berzakat sebelum datangnya Idul Fitri. (FOTO ANTARA/Lucky.R)
Medan (ANTARA News) - Umat muslim diimbau untuk menyegerakan berzakat sebelum datangnya Idul fitri, karena zakat merupakan penyempurna puasa yang telah dijalankan selama sebulan penuh di bulan Ramadan.

"Sempurnakan puasa dengan berzakat dan zakat harus disegerakan. Ibadah puasa akan tergantung antara langit dan bumi sebelum zakat dilaksanakan," kata Ustad Asran Nasution di Medan Jumat.

Ia mengatakan salah satu amaliah yang memiliki posisi sangat fundamental dalam ajaran Islam ialah semangat berbagi. Bulan suci Ramadan merupakan media yang Allah ciptakan antara lain untuk melatih semangat berbagi tersebut.

Berbagi dalam bentuk ibadah zakat merupakan salah satu pilar penting dalam ajaran Islam, dan zakat memiliki banyak manfaat bagi yang melaksanakannya, di antaranya bersih dari dosa, bebas dari siksa neraka, puasanya diterima Allah.

Kemudian seseorang itu pantas masuk surga jika telah berzakat, memperoleh syafaat di hari kiamat, timbangan amal kebaikan akan menjadi berat, dan nanti namanya akan terhapus dari daftar orang-orang durhaka.

"Ramadan hanya tinggal sebentar lagi, marilah kita berdoa bersama-sama semoga Allah selalu memberi kesehatan, memberi rezeki yang halal dan panjangkan usia kita agar dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan yang akan datang," katanya.

Secara umum zakat terbagi menjadi dua, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah dikeluarkan hingga menjelang shalat Idul Fitri sebesar 2,7 kg beras/orang.

Zakat mal terdiri antara lain zakat emas perak, perdagangan, pertanian, peternakan, profesi atau penghasilan, dan surat-surat berharga seperti saham dan sukuk, asalkan sudah sampai nisabnya.

"Dengan berzakat akan mengajarkan kita berbagi dengan sesama, bagaimana kita juga merasakan penderitaan orang-orang miskin," katanya.

(KR-JRD/H-KWR)