Pukul 11.35 WIB sudah bisa dievakuasi
Jakarta (ANTARA) - Personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengevakuasi sebuah bus yang mogok di KM37 Tol Jakarta-Cikampek yang menyebabkan kemacetan arus lalu lintas

"Pukul 11.20 WIB ada bus yang mengalami gangguan di KM37 dan menyebabkan kepadatan sampai KM35," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Kamis.

Meski demikian petugas Ditlantas yang sudah berjaga di sejumlah pos pengamanan jalan tol bisa langsung turun dan memecah kepadatan arus lalu lintas sekaligus mengirimkan truk derek untuk memindahkan bus agar tidak menghambat arus lalu lintas.

"Pukul 11.35 WIB sudah bisa dievakuasi," ujar Sambodo.

Ditlantas Polda Metro Jaya bersama pemangku kepentingan telah menyiagakan unit derek dan mekanik pada beberapa titik di jalan tol untuk mengantisipasi kendaraan pemudik yang mogok atau mengalami gangguan teknis selama arus mudik dan arus balik Lebaran 1443 Hijriah.

"Di setiap beberapa kilometer ada derek ya, ada derek dan mekanik yang bisa setiap saat langsung digerakkan," kata Sambodo.

Sambodo juga mengungkapkan kendaraan derek dan mekanik tersebut akan disiagakan di KM10 untuk mengantisipasi kendaraan yang mengalami gangguan di tol layang (elevated).

"Termasuk juga kita siapkan derek dan motoris untuk di KM10 sehingga kalau ada gangguan di elevated, karena elevated itu kan escape-nya susah, jadi ketika ada gangguan di elevated motorisnya bisa langsung naik ke atas," ujarnya.
Baca juga: Lemkapi: Pengamanan mudik 2022 berjalan lebih baik
Baca juga: Mudik aman dengan empat langkah sederhana
Baca juga: 700 petugas gabungan amankan mudik Lebaran di Jakarta Timur

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022